Langsung ke konten utama

Kawok

Manado memang juaranya untuk wisata kuliner aneh! Kawok adalah makanan khas Manado yang berbahan dasar tikus hutan ekor putih. Ekor putih dari tikus inilah yang membedakannya dengan tikus rumah atau tikus got yang menjijikkan. Jadi Klikers tak perlu khawatir karena bukan sembarang tikus yang dimasak. Tikus hutan ekor putih ini banyak didapat di pohon-pohon saguer (enau). Kawok ini diolah dengan cara daging tikus tanpa ekor dibumbui dengan racikan batang bawang, kemangi, sereh, cabe, goraka, daun lemon, kunyit , kepala santan. Kawok juga dapat dimasak rica-rica. Dagingnya sangat lembut, lebih lembut dari daging ayam. Rasanya enak dan bakalan membuat Anda ketagihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Oseng oseng belalang

Makanan unik yang tidak kalah berkesan bagi saya selanjutnya adalah Oseng oseng belalang (Walang goreng) sambal pedas. Makanan ini dibuat dengan menggorang belalang berukuran sebesar telunjuk jari orang dewasa yang telah di bersihkan sebelumnya, lalu kemudian di sambal pedas dan di oseng (digoreng) dengan sedikit minyak dengan api sedang. Untuk rasanya menurut saya sangat enak, kriuk dan khas sekali. Dan Jika di banding bandingkan menurut saya belalang oseng ini rasanya mirip sekali dengan olahan kuliner udang.

Botok tawon / bothok tawon (lebah madu)

Pernah kah anda terbayang untuk memakan tawon (lebah madu) mungkin baru memikirkan nya saja sudah terbayang lidah bakalan bengkak karena disengat. Tetapi tidak karena di berbagai daerah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur lebah muda atau larva yang masih di dalam sarangnya (tolo) dapat di jadikan menu masakan yang nikmat dan menyehatkan bernama botok. Cara memasak Botok Tawon ini biasanya dilengkapi dengan daging kelapa yang masih muda yang di parut. Tapi di beberapa daerah seperti Jawa Timur, Kediri, Malang, dan Banyuwangi tidak memakai kelapa muda. Meski pun terkesan mengerikan nyatanya mengkonsumsi botok tawon ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan juga menyehatkan.